aku

Cara Membuat Favicon Bergerak atau Animasi di Blogspot

hmmm... kali ini saya akan membuat artikel tentang Membuat Favicon yang bisa bergerak atau animasi. yups jiga sahabat melihat artikel saya yang sebelumnya, sekitar setahun yang lalu, itu hanya berisi tentang membuat animasi gif.disitu lebih banyak membahas tentang apa saja yang perlu dipakai, ya cocok buat yang baru makai adobe image ready.

hmmm.. maem dulu ya... saya lanjutkan sebentar lagi, hehe... disuruh ibu' soalnya...

maaf lama makannya... nasi pecel ibu tole, emang mantav... hehe..

sekarang mari kita membuat favicon bergerak atau animasi...

alat dan bahan:

>> yang jelas komputer,
>> adobe photosop
>> adobe image ready
>> dan yang pasti niat.hehe...

yups, buka sotpsopnya... buat dokument baru denga resolusi 32 x 32, atau 24 x 24, atau juga 16x16. kalo saya mah lebih suka 32x32, soalnya gambarnya lebih halus... hehe... atau kalo sahabat mau pake resolusi yang di rekomendasikan oleh browser, ya 24 x 24. no problem...


buat seperti pada gambar....

nanti hasilnya seperti ini.



itu tampilan yang akan kita umek-umek. ya memang kecil, dan segitu pula batasan yang bisa kita edit. hehe...

yups, mulai kita edit ya tampilannya...

untuk membuat latar belakang yang transparan, kita perlu menghilangkan backroundnya dulu. hmmm.. pada tab layer, hilangkan icon mata.


kalo sahabat lebih suka pake icon yang full resolusi, ya no problem...

buat objek yang sahabat suka... kali ini saya akan pake sebuah lingkaran beserta sebuah text. lingkaran itu saya ibaratkan seperti bumi yang nantinya akan berputar dengang textnya mengelilingi bumi itu,,,



nah, itu dia tampilannya, ya shabat bisa buat sesuai selera dah... hmmm... buat image yang backgroundnya udah di visibel, atau yang udah matiin icon matanya, maka backroundnya akan berubah tampilannya jadi kotak-kotak abu putih.

udah itu, mari kita ke image ready. tinggal pencet tombol paling bawah di tool box,(saya suka pake CS 1, CS 2 lama lodingnya, CS 3 dan CS 4, masih belum pake. tapi apa pun itu CS brapa, menurut saya sama saja. hehe... tapi ngk tau kalo menurut para master.hehe).

yup pencet...

udah ke import kan proyek kita? hehe...

ya kurang lebih seperti ini tampilannya,,,



lho, koq tampilan saya berbeda?

tenang, memang saya sengaja merubah tampilan defaultnya. karena skarang kita akan memakai fasilitas itu saja... hmmm.. jika tab animasi di adobe sahabat ngk ada, buka pilihan windows di menu bar. udah itu klik animation. udah kan?hehe... enjoy...

hmmm.... abis itu, kita langsung ajah buat animasi faviconnya... hehe...

klik tombol

dan layer text kita.

nah udah itu, geser text kita ke kanan pol, hingga ngk keliatan... (tersembunyi di samping canvas.) setelah itu, kita bermain dengan tab animasi. yups, klik duplicate current frame,

setelah itu, geser sedikit dengan menggunakan tombol keyboard kita dua atau tiga kali pencetan, lalu klik duplicate current frame lagi, begitu seterusnya hingga seperti ini...

hmmm... udah itu, coba klik tombol play di sampingnya tombol duplicate current frame. dan itu hasilnya... hehe...

disitu ada tombol delay per frame. saya ngk akan mbahas, di artikel sebelumnya udah dibahas koq... hehe... (kasihan yang baca,kepanjangan nanti..)

nah, untuk menjadikan favicon, pencet logo internet explorer, kalo tidak ya mozilla di tool box image ready. atau juga pencet save optimized as, simpen dalam format .gif. udah itu favicon siap di pasang di blog kita deh... dengan mengupload pada photobucket, ambil direct link nya, gabungkan dengan rumus favicon. semoga berhasil...
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori BLOGGER dengan judul Cara Membuat Favicon Bergerak atau Animasi di Blogspot. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kang-enigma.blogspot.com/2011/09/cara-membuat-favicon-bergerak-atau.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Kang Enigma - Selasa, 20 September 2011

Belum ada komentar untuk "Cara Membuat Favicon Bergerak atau Animasi di Blogspot"

Posting Komentar