aku

orang pendek, misteri makhluk hutan

XMISTERI. -Ilustrasi Orang Bunian dan kerangka Homo Floresiensis
 misteri makhluk hutan



Masyarakat Minangkabau pasti tahu persis mengenai misteri mahluk berkaki terbalik ini. Mahluk yang sering disebut Orang Pendek ini selalu dikaitkan sebagai jelmaan sosok Dewa, namun Dewa yang ini berbeda dengan pengertian Dewa-dewa yang berada di Agama Budha dan Hindu.
Sosok ini sering menjadi perdebatan dikalangan Cryptozoologyst. Cryptozoology sendiri merupakan penyelidikan atau penelitian terhadap makhluk hidup yang belum dikenal sains. Beberapa diantaranya merupakan makhluk-makhluk yang telah menjadi legenda disuatu wilayah, ataupun “monster” misterius yang kerap dilaporkan terlihat oleh manusia yang eksistensinya masih menjadi tanda tanya besar. Istilah Cryptozoolgy pertama kali dipopulerkan oleh Bernard Heuvelmans pada akhir 1950an. Istilah ini merupakan gabungan dari 3 kata Yunani yaitu Kryptos yang berarti tersembunyi, Zoon yang berarti hewan dan Logos yang berarti Ucapan. Orang bunian sendiri masuk dalam 10 mahluk paling dicari oleh para pakar Cryptozoology versi Cryptozoology.com
Banyak dari mereka meyakini keberadaan Orang Pendek hidup dipedalaman Bukit Barisan Selatan di Pulau Sumatera bagian tengah yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat. Kemunculan Orang Pendek sering dilaporkan oleh warga sekitar yang melihat sesosok mahluk pendek yang membawa tongkat runcing. Konon tongkat runcing tersebut dipercaya untuk digunakan oleh Orang Pendek pada saat mencari makan atau berburu. Banyak dari kalangan peneliti meyakini Orang Pendek sebagai sosok manusia purba dari spesies Homo Floresiensis (Manusia Flores) yang biasa dijuluki sebagai Hobbit, mahluk yang mempunyai tubuh dan otak kecil.
Baru-baru ini penemuan kerangka Hobbit dalam ukuran Manusia moderen hanya mencapai 100cm saja. Terlepas dari penemuan-penemuan dan perdebatan-perdebatan antar peneliti membuat lokasi Liang Bua (tempat penemuan fosil spesies H.Floresiensis) ditutup oleh pemerintah Indonesia lantaran perdebatan antara Indonesia dan Australia semakin meruncing, yang sama sekali membuat saya tidak tertarik lebih baik mendengarkan

keluguan cerita rakyat minangkabau tentang orang bunian ini.
Awal saya membuat tulisan ini, ada beberapa teman yang menceritakan pada saya mengenai Orang Pendek ini. Konon orang bunian senang bermain-main dipematang sawah pada saat hujan dan angin besar. misteri makhluk hutan
Sosok Orang Pendek sendiri dikabarkan mempunyai ciri yang kontras dengan manusia sekarang, terlihat pada kakinya yang terbalik. Jadi masyarakat sekitar bila ingin
mengejar/menangkap orang bunian jangan lah mengikuti arah kemana jejak kakinya melaikan arah berawanan dengan jejak kakinya. Contoh bila arah jejak kaki ke barat maka kejarlah kearah timur dengan itu anda akan menemukan jejak kaki-jejak kaki berikutnya.
Orang Pendek juga pernah menampakan diri kepada dua orang tim dari Forest Jungle, Dave Archer dan Sahar Didmus. Mereka mengaku melihat sosok kecil yang mengendap-ngendap disemak belukar sampai pada akhirnya sosok tersebut keluar dari semak belukar dan menatap Dave dan Sahar yang sedang melakukan penelusuran hutan (buka jalan). Dave dan Sahar pun menyadari bahwa mereka sedang berada dalam bahaya, dengan tongkat khas orang Bunian mereka mengejar Dave dan Sahar yang keduanya pun tanpa terkomando lari tunggang-langgang.
Sebelumnya pernah ada beberapa kesaksian penduduk setempat yang mengaku pernah melihat makhluk tersebut. Bahkan bukti berupa jejak kakinya berhasil diambil.
Pada tahun 1990 tim ahli dari Organisasi Flora dan Fauna Internasional mengadakan penelitian serius tentang sosok ini mereka sengaja datang untuk melakukan penelitian yang diberi nama “Proyek Orang Pendek”. Penelitian mereka dilakukan secara berkala dan sistematik serta melakukan ekspedisi penelusuran hutan-hutan di Sumatra, sayangnya penelitian ini bisa dikatakan gagal karena tidak menemukan objek yang didapat hanya ratusan kertas hasil pengumpulan data informasi dari penduduk sekitar.
Dari hasil pengumpulan data tersebut, para peneliti bukan menemukan jawaban melainkan menemukan kembali sebuah pertanyaan..
Apakah mereka merupakan sisa-sisa dari genus Australopithecus?
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori MAKHLUK dengan judul orang pendek, misteri makhluk hutan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kang-enigma.blogspot.com/2013/06/orang-pendek-misteri-makhluk-hutan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Kang Enigma - Selasa, 11 Juni 2013

Belum ada komentar untuk "orang pendek, misteri makhluk hutan"

Posting Komentar